Senin, 23 Juni 2014

7 Makanan Khas Korea

Banyak sekali masakan Korea yang telah menduania, dan berikut 7 makanan Korea yang wajib untuk dicoba. Happy reading!


  1. Kimchi

Kimchee atau kimchi adalah sayuran fermentasi dengan bumbu yang rasanya asam dan pedas. Sayuran yang ladzim dibuat kimchi adalah sawi, lobak atau timun. Bumbu yang digunakan cabe, jahe, bawang bombay, bawang putih, pasta udang, dan saus ikan. Biasanya kimchi dibuat dalam jumlah besar, ada juga kimchi yang disimpan dalam kemasan. Kimchi dapat disajikan sendiri sebagai lauk ataupun sebagai bahan masakan lainnya. Kimchi merupakan makanan nasional Korea bahkan sudah mendunia.

2. Kimbap


Kimbap atau Gimbap adalah makanan khas dari Korea yang terbuat dari nasi putih (bap), dan isian berupa potongan ikan, daging, telur, dan sayuran lalu digulung dengan lembaran rumput laut kering (gim) lalu dipotong kecil - kecil. Sekilas makanan ini mirip dengan sushi. 

3. Bibimbap


Seperti namanya yang berarti nasi campur, bibimbap adalah nasi campur ala Korea yang terdiri dari nasi putih dan berbagai macam lauk dan sayuran kemudian dicampur dengan saus sambal. Bibimbap disajikan di dalam mangkuk dengan lauk disusun sedemikian rupa sehingga menarik.

4. Kue Beras (Tteok)



Tteok atau kue beras asal Korea adalah kue beras yang terbuat dari tepung beras ketan yang dimasak dengan cara dikukus, direbus, atau digoreng. Kue beras sendiri bermacam - macam jenis dan bentuknya. Salah satu jenis tteok atau kue beras yang populer dan sering ditemui di jajanan kaki lima khas korea adalah tteokbokki (keu beras pedas). 

5. Ramyeon atau Ramen

Ramyeon adalah mie instan versi Korea, bukan hanya orang Indonesia saja yang gemar makan mie instan, orang Korea juga suka. Biasanya disajikan langsung dengan pancinya. Mie instan Korea biasanya mempunyai rasa pedas dan kuahnya lebih kental. Tapi perlu diingat pedas orang Korea berbeda dengan orang Indonesia. Mie instan Korea yang terkenal adalah Shin Ramyun.

6. Jjajangmyeon


Salah satu hidangan khas Korea yang terbuat dari mie dicampur dengan saus kedelai hitam kental, sayuran dan potongan daging.  Biasanya disajikan dengan acar lobak.

7. Bulgogi


Makanan khas Korea yang terbuat dari lembaran - lembaran daging yang diiris tipis - tipis dan dimasak dengan cara dipanggang atau ditumis di dalam pan. Biasanya dimakan dengan cara dibungkus daun selada bersama nasi putih dan lauk lainnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar